Labels

Home » » Pandang tentang islam

Pandang tentang islam

Problem modernisasi yang di alami umat  islam sekarang munurut smit ( seperti biasanya pandangan ) adalah dalam mengatasi antara upaya mempetahankan islam sebagaimana yang diyakini kebenarannya dengan realitas kehidupan yang dialaminya yang menuntut penyesuaian dan perubahan selama ini.umumnya umat islam beranggapan bahwa agama islam telah menyediakan segala sepe’ kehidupan dengan cara memecahkan problema ,sehigga tatanan komuitas islam dipolakan dalam ssatu macam saja .sistim social umat islam juga beraneka ragam ras, bahasa dan ekologinya diusahakan seragam dimana mana dan kappa saja denga referensi baku yang sudah disusun oleh pembawa – pembawa islam dimasa lalu. Dan hasil produk kecermelangan para mujtahiddi yang terdahulu.
Menurut smith untuk mempertahankan kejayaan masa lalu islam dengan pandangan yang begitu akan sulit sedang disisi lain sekarang timbul dengan pesat  keinginan dan kesadaran untuk maju mengembalikan kejayaan islamdan menempatkan islam dalam posisi terhormat dalam pentas peradaban modern.
Dalam mencari jawaban yang dilematis  ini,maka dilihat adanya empat pola pemikiran yang mempengaruhi gerakan modern islam pada masa sekarang yaitu :
Ø  Pertama : pola pemikiran liberalis yang mencoba membuka sekeras-kerasnya pemikiran dalam rangka mengharapkan islam didalam kehidupan social kontemporer.tanpa ada kerikuhan menggusur tatanan lama yang sudah mapan. Dan humanis merupakan pemecahan pemecahan yang perlu untuk dilakukan.
Ø  Kedua : pola pemikiran nasional yang ingin mempribumikan  islam dengan suatu asumsi bahwa islam rohmatan lil alamin itu dapat diterapan dalam nasionalitas yang berbeda beda tanpa harus  menggusur kebudayaan setempat yang tidak bertentangan dengan prinsip prinsip dan aqidah dan syari’ah islam secara definitive.
Ø  Ketiga  : Pola pemikiran yang ingin mempertahankan islam dalam kebenaran yang normative islam paron2 yang sudah baku dan setiap penyimpangan paron2 tersebut merupaka penyelewengan yang harus diakhiri. Fundamentalisme banyak menggunakan menggunakan pada pemikiran apologetic ini dalam kadar yang berbeda-beda.
Ø  Keempat : pola pemikiran yang dinamis yang ingin membuat pijakan yang islam dengan pemahaman yang benar tentang islam dan kerataan yang tinggi dalam spiritual namun dalam masalah – masalah cultural mampu melakukan daya adaptasi yang tinggi puriranisme dinamisme ini sekarang banyak berpengaruh dikalangan intelektual muda islam.
Smith membagi islam dalam 3 kategori : 1. Islam klasik yang berakhir sampai jatuhnya Baghdad. 2. Islam medium yang berakhir sampai dengan jatuhnya kesultanan ottoman ( daulat ustmaniyyah ) turki. 3. Islam modern / kontemporer ialah islam yang berorientasi kepada peradaban barat.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.