Labels

Home » » SURGA MENANTI WANITA SOLEHAH

SURGA MENANTI WANITA SOLEHAH



Oleh: Umatul Mahmudah

Faktor utama bagi kehidupan manusia adalah rohani. Harumnya rohani akan membuat manusia berdiri tegak dengan segala insting kemanusiaannya. Bertekad menjauhi kemungkaran,menegakkan kebenaran,dan sekaligus selalu berupaya  menuju kepada kesempurnaan manusiawi. Rohani ibarat matahari bagi tubuh. Ketika matahari tidak terhalang awan, akan memancarkan sinar terangnya ke bumi. Demikian pula ketika rohani penuh kesucian, akan menyinari jiwa dengan berbagai keutamaan. Bahkan akan mendatangkan berkah bagi insan beriman dan alam sekitarnya. Sebagai ilustrasi bahwa wanita memiliki kelunakan naluri dan pengaruh besar terhadap anak dan cucunya.
Wanita yang sholehah merupakan penantian surga. Sebab,nantinya wanita sholehah akan manjadi bidadari surga yang sangat cantik. Semua ini harus dititis mulai sejak dini. Salah satu diantara sekian banyak cabang ahlaq mulia adalah menjaga kehormatan. Jika seorang wanita mampu menjaga kehormatan dan harga dirinya, maka ia akan menjadi pujaan bagi setiap lelaki yang sholih. Peran wanita yang sholehah hendaknya mampu mematuhi hadist nabi yang berbunyi,” sebaik-baik istri adalah perempuan yang menyenangkan setiap kali dipandang, taat setiap kamu diperintah, pandai menjaga kehormatan dirimu dan hartamu sewaktu kau pergi ’’ (HR. al-Thabrani).
Untuk manjaga kehormatan diri,seorang wanita sholehah perlu memiliki ahlaqul karimah. Disamping itu juga harus dihiasi dengan perilaku yang mencerminkan keluhuran budi  pekerti,kehalusan bahasa dan menjadi fitrah sebagai wanita. Simak saja di era globalisasi ini, wanita memang paling riskan terhadap godaan. Dimanapun tempatnya terdapat lelaki iseng. Kalau kita tidak berhati-hati dan membentengi diri dengan perilaku solehah, maka mereka tidak akan segan-segan menggodanya. Berbeda wanita yang dihiasi dengan ahlaqul karimah,kemanapun dan dimanapun akan selalu menampakkan identitas wanita muslimah. Maka kaum lelaki akan segan terhadapnya. Ada pepatah mengatakan, ”lelaki yang gemar memandang wanita laksana lalat yang hendak hinggap pada daging busuk “. Bila daging itu tidak engkau lindungi (ditutupi) bahkan dibiarkan membusuk, maka dengan senang hati lalat-pun akan berbondong–bondong untuk menghinggapinya tanpa ganti rugi alias gratis or free”. Na’udzubillahi min dzalik. Ada sebagian wanita yang merasa bahwa aturan islam itu justru membatasi gerak langkahnya dalam pergaulan. Yang lebih ekstrim lagi dia menganggap jika ia mematuhi peraturan islam secara menyeluruh, maka akan menjadi orang yang kuper.
Maka dari itu, jadilah wanita sholehah yang sejati. Terapkanlah apa yang menjadi syarat-syarat menjadi wanita muslimah yang sejati.Tidak banyak syarat yang dikenakan oleh Islam untuk seseorang wanita untuk menerima gelar sholehah, dan seterusnya menerima pahala syurga yang penuh kenikmatan dari Allah Subhanahuwata’ala.
Mereka hanya perlu memenuhi 2 syarat saja yaitu :
1.       Taat kepada Allah dan RasulNya.
2.     Taat kepada suami.
Berikut ini antara lain perincian dari dua syarat di atas :
1.Taat kepada Allah dan RasulNya
Bagaimana yang dikatakan dengan taat kepada Allah?
- Mencintai Allah Swt. dan Rasulullah Saw. melebihi dari segala-galanya.
- Wajib menutup aurat.
- Tidak berhias dan berperangai seperti wanita jahiliah.
- Tidak bermusafir atau bersama dengan lelaki dewasa kecuali ada bersamanya.
- Sering membantu lelaki dalam perkara kebenaran, kebajikan dan taqwa.
- Berbuat baik kepada ibu & bapa.
- Senantiasa bersedekah baik dalam keadaan susah ataupun senang.
- Tidak berhalwat dengan lelaki dewasa yang bukan mahrom.
- Bersikap baik terhadap tetangga.
2.       Taat kepada suami
- Memelihara kewajiban terhadap suami.
- Senantiasa menyenangkan suami.
- Menjaga kehormatan diri dan harta suaminya selama suami tidak di rumah.
- Tidak cemberut di hadapan suami.
- Tidak menolak ajakan suami untuk tidur.
- Tidak keluar tanpa izin suami.
- Tidak meninggikan suara melebihi suara suami.
- Tidak membantah suaminya dalam kebenaran.
- Tidak menerima tamu yang dibenci suaminya.
- Senantiasa memelihara diri, kebersihan fisik & kecantikannya serta rumah tangga.
Maka dari itu, jangan sampai menjadi wanita sholehah yang hanya di KTP saja. Jadilah sosok wanita yang menjadi idaman para lelaki yang nantinya akan menjadi penghuni surga yakni menjadi bidadari surga.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.